Metode Ciuman Ibu Efektif Keluarkan Benda Asing dari Hidung Anak

Ciuman Ibu
Anak-anak diketahui kerap suka memasukkan benda ke mulut atau bagian tubuh lain. Tapi jika ingin mengeluarkan benda asing dari hidung anak, maka metode ciuman ibu terbilang efektif dan aman. Seperti apa metodenya?

Para peneliti dari Inggris menuturkan sebuah teknik yang disebut dengan 'ciuman ibu' atau mother's kiss adalah cara yang aman dan efektif untuk mengeluarkan benda asing dari lubang hidung anak-anak.

Dalam metode ini, ibu dari si anak atau orang dewasa lain yang bisa dipercaya akan menutup mulut anak dengan mulutnya seperti membentuk segel, lalu melindungi lubang hidung dengan jari.

Setelah itu orang dewasa ini akan meniupkan udara atau napas ke dalam mulut anak, tekanan dari napas ini dapat mengusir atau mengeluarkan obyek dalam hidung. Sebelum melakukannya, orang dewasa harus menjelaskan teknik ini terlebih dahulu pada anak sehingga ia tidak takut.

Berdasarkan review yang diterbitkan dalam edisi terbaru CMAJ (Canadian Medical Association Journal) dikatakan jika usaha yang pertama tidak berhasil, maka teknik ini bisa dicoba beberapa kali.

"Metode ciuman ibu tampaknya menjadi teknik yang aman dan efektif untuk pengobatan lini pertama dalam mengeluarkan benda asing dari rongga hidung," ujar Dr Stephanie Cook dari Buxted Medical Centre di Inggris, seperti dikutip dari Healthday, Selasa (16/10/2012).

Sementara itu peneliti di Australia dan Inggris yang meneliti beberapa studi kasus ini mengungkapkan bahwa ciuman ibu digunakan pada anak-anak yang berusia antara 1-8 tahun.

Meski begitu penelitian lebih lanjut tetap diperlukan untuk membandingkan beberapa tekanan dan menguji seberapa efektif teknik ini pada situasi yang berbeda, misalnya jika benda berada di berbagai lokasi dan teknik ini telah dicoba berulang-ulang namun tak juga keluar.

0 comments:

Posting Komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Lukisan Ilmu |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net