Kenalkan Buku Sejak Usia 4 Tahun Agar Otaknya Berkembang Cepat

anak gemar membaca
 Kebiasaan senang membaca buku sebaiknya memang sudah dilakukan sejak masih kanak-kanak. Jika anak sudah diperkenalkan membaca buku sejak usia 4 tahun bisa mempercepat perkembangan otaknya.

Studi yang dilakukan peneliti dari University of Pennsylvania menemukan anak-anak yang sudah diperkenalkan dengan buku sejak usia 4 tahun akan membuat bagian dari otak yang terlibat dalam bahasa dan pemikiran berkembang lebih cepat.

Namun jika buku-buku ini baru diperkenalkan ketika berusia 8 tahun maka dampak atau manfaat yang bisa didapatkan otak menjadi lebih kecil. Ini menunjukkan usia 4 tahun adalah waktu kritis dalam perkembangannya.

Dalam studi ini melibatkan 64 anak dari orangtua yang memiliki status sosio-ekonomi sama. Anak-anak ini diamati saat berusia 4 tahun dan juga 8 tahun. Sekitar 15 tahun setelah kunjungan pertama, anak-anak ini menjalani scan otak.

Para peneliti menemukan anak-anak yang menda akses ke buku dan mainan yang mendidik sejak usia 4 tahun memiliki bagian otak yang lebih tipis. Kondisi ini menunjukkan hal yang baik dalam perkembangannya.

Efek yang paling terlihat terutama di wilayah yang disebut dengan lateral left temporal cortex, letaknya dekat dengan permukaan otak dan berada tepat di atas telinga. Bagian otak ini memainkan peran dalam hal bahasa dan pikiran.

"Dalam proses pematangan otak selama masa kanak-kanak dan dewasa, korteks akan menjadi lebih tipis," ujar peneliti Martha, seperti dikutip dari Medindia, Selasa (16/10/2012).

Martha menuturkan studi ini menemukan rangsangan yang lebih kognitif dalam hal menipiskan korteks. Hasil studi yang dilaporkan dalam konferensi tahunan Society for Neuroscience di New Orleans ini mengungkapkan hal ini juga mempercepat proses pembangunan normal.

1 komentar:

  1. mlm genk kunjungan perdana mmber spot salam kenal'y.
    mmpir genk kpn2 di tempat aq heheh

    BalasHapus

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Lukisan Ilmu |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net